Cara Mendiagnosis Penyakit Asam Urat

pengobatan-penyakit-asam-urat

Cara mendiagnosis penyakit asam urat sangat penting dilakukan untuk lebih memastikan penyakit asam urat yang tengah diderita.

Setelah mengetahui penyebab dan gejala dari penyakit asam urat yang sangat penting, kita juga harus memahami bagaimana cara mendiagnosis penyakit asam urat.

Bagi yang merasa belum yakin dengan penyakit yang diidap apakah benar asam urat, sangat bisa melakukan cara diagnosis ini dengan dokter.

Pastinya, dokter pun tidak akan sembarangan mendiagnosa pasiennya, dokter akan terlebih dahulu menanyakan gejala dan riwayat penyakit yang pernah atau tengah diderita.

Cara mendiagnosis penyakit asam urat ini selain harus dilakukan oleh sang dokter, memang harus dilakukan di rumah sakit.

Karena dengan peralatan yang lebih lengkap dan aman, maka akan semakin memastikan bahwa penyakit asam urat yang diderita sudah sampai tahap apa.

Dokter akan melakukan diagnosis sesuai dengan prosedur yang ada, sehingga akan lebih aman jika nantinya ditangani oleh yang berkewajiban dan mampu dipercaya.

Cara Mendiagnosis Penyakit Asam Urat Menurut Prosedur

Setelah dokter mendiagnosa bahwa sang pasien mengidap penyakit asam urat, maka akan dilakukan pengecekan lebih lanjut. Berikut ini beberapa cara mendiagnosis penyakit asam urat yang dilakukan oleh dokter:

  1. Tes Darah

Tahap pertama cara mendiagnosos penyakit asam urat adalah dengan melakukan tes darah. Tes darah akan mengecek kadar asam urat dan kreatinin yang ada dalam darah, apabila kreatinin mencapai 7 mg/dL, maka pasien tersebut menderita penyakit asam urat.

  1. Tes Urine

Tes urine yang dilakukan adalah untuk memeriksa kadar asam urat pasien juga, di mana dalam kurun waktu 24 jam.

  1. Tes Pencitraan

Pemeriksaan lewat rontgen akan mendeteksi penyebab radang dalam sendi, dan juga pemeriksaan USG dilakukan untuk mendeteksi kristal asma urat pada sendi.

  1. Tes Cairan Sendi

Cairan sinovial pada sendi akan diambil dan dilakukan tes melalui mikroskop, untuk semakin memastikan penyakit asam urat yang dideritanya.

Sebelum mendiagnosis diri dengan mengonsumsi obat asam urat, lebih baik datang ke dokter ya. Karena dokter lebih paham bagaimana cara mendiagnosis penyakit asam urat bagi pasiennya.